April 1, 2018

Cara Belajar Parkour dari Gerakan Dasar Hingga Profesional

Untuk anda yang sangat mengagumi gerakan-gerakan parkour ada penjelasan menarik. Di sini akan dibahas gerakan parkour lengkap. Olahraga ekstrem satu ini adalah olahraga parkour yang mana olahraga ini sangat menantang adrenalin sekali. Parkour merupakan gerakan melompat untuk berpindah dari tempat satu ke tempat yang lainnya, dengan teknik yang efesien dan cepat. 

Cara Belajar Parkour Lengkap dan Gerakan Parkour dari Dasar Hingga Profesional

Dengan menggunakan kemampuan badan seperti tangan dan kaki untuk melintasi suatu rintangan yang sulit. Parkour merupakan olahraga yang berasal dari prancis, dan merupakan olahraga yang tergolong baru. Yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga ini adalah keberanian, imajinasi dan kekuatan fisik untuk berpindah dan melompat dari tempat satu ke tempat yang lain dengan cepat. Biasanya olahraga ini dilakukan di taman, tangga, perumahan yang padat dan bahkan gedung-gedung yang tinggi.

Berikut ini adalah gerakan-gerakan dasar parkour yang mudah untuk dipelajari:
Melakukan Melompat Ke Atas Atau Ke Bawah  
Gerakan dasar yang perlu Anda kuasai adalah gerakan lompatan ke atas atau ke bawah atau disebut juga dengan jumping up/down. Gerakan ini merupakan tergolong dasar dalam seni parkour. Dan wajib untuk di kuasai sebelum melanjutkan gerakan-gerakan selanjutnya.

Gerakan melompat ke atas atau ke bawah (jumping up/down) mewajibkan Anda untuk melakukan gerakan meloncat naik dan turun, dengan melakukannya berulang kali gerakan agar kaki lebih kuat dan lebih fleksibel.

Gerakan melompat ke atas membutuhkan kekuatan untuk mendorong  yang kuat, sedangkan gerakan melompat ke bawah membutuhkan fleksibitas dan kekuatan  kaki agar tidak terasa sakit dan terbisa untuk melakukannya, biasanya gerakan ini dilanjutkan dengan melanjutkan gerakan berlari.
Melakukan Vaulting
Vault  atau disebut juga dengan vaulting  merupakan gerakan dasar selanjutnya yang harus dipelajari setelah mencoba melakukan jumping over. Gerakan vault  memang tergolong hampir sama dengan jumping over, mungkin yang membedakan adalah gerakan ini membutuhkan bantuan tangan. Gerakan ini dilakukan untuk melompati rintangan yang lebih jauh dengan berbagai macam gaya vaulting  yang dapat menggunakan satu tangan ataupun dua tangan untuk melakukannya.

Gerakan-gerakan vaulting banyak dikembangkan dengan berbagai variasi gerakan seperti monkey (gerakan layaknya melompat seperti monyet), kong ( hampir sama dengan monkey  namun saat melewati rintangan harus melompat jauh terlebih dahulu, sebelum melakukan gerakan layaknya king kong), palm spin (gerakan memutar pada bidang yang datar dengan kecepatan yang tinggi), lazy (teknik meloncati pagar dengan indah), scisor (gerakan yang hampir sama dengan lazy  namun dengan mengayunkan kaki), presisi (posisi kaki merapat sebelum melompat, dan mendarat dengan kaki yang rapat).

Gerakan yang paling sulit untuk dilakukan adalah  melakukan wallspin  karena membutuhkan gerakan yang mendetail untuk melompat ke tembok dengan gerakan memutar dengan sangat cepat.
Melakukan Gerakan Cat Leap
Gerakan ini mengadopsi gerakan yang dilakukan oleh seekor kucing yang meloncat dari tembok satu ke tembok yang lain. Gerakan ini merupakan kombinasi antara jumping over  dengan gerakan ke dua tangan untuk melewati suatu tembok atau halangan di depannya. Gerakan ini biasanya digunakan untuk melompat pada rintangan yang lebih jauh, yang dilanjutkan dengan tangan mencengram media loncatan (tembok) kemudian melakukan loncatan.
Melakukan Swinging Through
Gerakan-Gerakan Dasar Parkour yang Cepat Anda Kuasai
Swinging through merupakan gerakan bergelantungan pada sebuah tiang, Gerakan ini biasanya mengombinasikan gerakan berlari kemudian meraih underbar  dan melakukan swinging trough lalu dilanjutkan mendarat dengan menggunakan kedua kaki dan mulai berlari lagi.
Melakukan Jumping Over

Jumping over merupakan gerakan selanjutnya yang dapat dipelajari. Gerakan ini memang tergolong sulit karena membutuhkan banyak gerakan secara aktif. Cara memulainya adalah dengan berlari kemudian dilanjutkan dengan meloncat dan melewati semua rintangan yang ada, salah satu contoh harus melewati portal rumah, tembok, atau dinding yang lumayan tinggi dengan melakukan gerakan melompat naik  sambil berlari. Saat melompat jangan memperlambat kecepatan  berlari dan jangan sekali-sekali menggunakan bantuan tangan untuk melompat, semua tumpuan berat melompat  berfokus pada bagian kaki.

Kelima gerakan di atas merupakan gerakan dasar yang sering dilakukan untuk melakukan gerakan-gerakan lebih sulit berikutnya. Gerakan parkour biasanya  sangat menguji fisik dan mental, karena tidak semua orang dapat melakukan gerakan berlari dan melompat semudah  apa yang di bayangkan. Membutuhkan latihan yang rutin, dengan beberapa kali jatuh dan gagal.

Gerakan di atas merupakan gerakan dasar yang sering dilakukan untuk berlatih, sebelum melanjutkan latihan yang lebih sulit. Bila Anda ingin cepat menguasai teknik parkour maka yang Anda perlukan adalah keberanian dan tentu saja kreativitas untuk selalu mengembangkan gerakan yang dilakukan, sehingga akan lebih cepat menguasai gerakan-gerakan sulit sekalipun.

Untuk pertama yang mesti anda harus ketahui adalah nama dari gerakan parkour lengkap dan gerakan yang sudah profesional itu sendiri dan berikut ini adalah nama dari gerakan-gerakan parkour:

Gerakan Dasar I (Latihan Kesimbangan)
1. Landing
2. Balance
3. Cat Balance

Gerakan Dasar II (Latihan Kontrol dan Daya Tahan)
4. Precision Jump
5. Rolling
6. Cat Leap

Gerakan Dasar III (Teknik Melompati Obstacles)
7. Turn Vault
8. Lazy Vault
9. Speed Vault
10. Kong Vault
11. Dash Vault
12. Reverse Vault

Gerakan Dasar IV (Gerakan yang dilakukan berdasarkan track tertentu)
13. Wall Hop
14. Underbar
15. Climb Up
16. Gap Jump
17. Tic Tac

Ini penjelasan dari gerakan-gerakan parkour di atas:

Mendarat (Landing)
Teknik yang dipakai adalah membengkokkan lutut saat jari-jari kaki menyentuh tanah (jangan pernah mendarat dengan telapak; usahakan selalu mendarat dengan jari-jari kaki dalam keadaan memakai sepatu).

Balance (Équilibre)
Berjalan di sepanjang bibir obstacle; secara harfiahnya benar-benar menunjukkan "keseimbangan."

Cat balance (Équilibre de chat)
Gerakan merangkak di sepanjang bibir obstacles; seperti kucing.

Underbar (Franchissement)
Melompat atau berayun melewati sebuah celah pada sebuah obstacles; secara harfiahnya "untuk melewati" atau "untuk menembus”

Dismount, swinging jump (Lâché)
Bergelantung di salah satu sisi obstacles kemudian memutar badan ke sisi lainnya setelah itu melepaskannnya untuk mendarat

Vault (Passement)
Loncat atau melompati obstacles, kadang-kadang menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan atau menggunakan satu tangan.

Pop vault, wall hop (Passe muraille)
Melompati tembok, yang biasanya menggunakan kaki dan ditendangkan ke arah tembok untuk merubah momentum awal ke momentum keatas, serta diikuti dengan penggunaan tangan saat di atas tembok untuk melewati tembok tersebut.

Kong vault/Cat jump/pass (Saut de chat)
Gerakang lompatan dengan diving ke depan sehingga posisi badan terlihat horizontal, kemudian mendarat dengan tangan serta memasukan kaki melewati kedua tangan, sehingga badan kembali ke posisi vertical dan bersiap untuk mendarat.

Dash vault
Melewati obstacles dengan melompat menggunakan kedua kaki terlebih dahulu kearah depan sehingga badan dan kaki terlihat membentuk sudut 90 derajat, dan diteruskan dengan menahan badan dengan kedua tangan.

Turn vault Demitour
Melompat dengan gerakan berputar 180° derajat; secara harfiahnya "setengan berputar." Gerakan ini berguna untuk menempatkan diri kalian bergelantungan dari salah satu sisi sebuah object ke sisi satunya untuk melakukan pendaratan jarak pendek atau bersiap untuk melompat ke object lainnya.

Reverse vault
Gerakan melompat dengan perputaran 360°. Dalam lompatan ini, traceur's melompat dengan membalikkan badannya saat melewati sebuah obstacles.

Speed Vault
Lompat melewati obstacles denga kecepatan penuh sambil memiringkan kaki untuk melewati obstacles dibantu dengan hentakan satu tangan

Lazy Vault
Melewati obstacles dengan kecepatan rendah degan menaikkan badan dibantu dengan satu tangan. Setelah melewati obstacles tersebut, kaki diluruskan dan dibantu dengan tanagn yang lain sebagai tumpuan kedua.

Muscle up/climb-up (Planche)
Gerakan memanjat.

Roll (Roulade)
Gerakan berguling kedepan setelah melakukan lompatan. Hal ini bertujuan untuk mentransfer momentum atau energi setelah melompat.

Cat leap/Arm jump (Saut de bras)
Gerakan mendarat di salah satu sisi obstacles dengan menggunakan tangan seperti mencengkram sudut atas dari obstacles, menahan badan, dan bersiap untuk memanjat.

Drop (Saut de fond)
Gerakan mendarat ke bawah

Gap jump (Saut de détente)
Gerakan melompat dari sebuah obstacles untuk melewati sebuah gap atau jarak. Teknik ini biasanya dikuti dengan gerakan Roll. (biasanya didahului dengan berlari)

Precision jump (Saut de précision)
Lompatan statis secara seksama dari satu ke object menuju object selanjutnya. (sangat berhubungan erat dengan keseimbangan saat mendarat)

Tic tac
Gerakan menendang ke arah tembok yang dimaksudkan untuk melewati obstacle atau mencapai ketinggian untuk meraih sesuatu object.
Disqus Comments