March 25, 2018

Cara Bermain Teknik Dasar Skateboard Board Untuk Pemula

Bermain skateboard adalah salah satu olahraga yang menarik. Permain ini membutuhkan keahlian menggunakan papan yang memiliki roda dan membuat gerakkan menarik dengan papan tersebut. Bagi pemula yang mau bermain skateboard sebelumnya harus tahu terlebih dahulu cara bermain skateboard yang dasar. Kenapa? karena jika tidak seperti itu tanpa mengetahui tata caranya anda dapat mengalami cidera.

Cara Bermain dan Latihan Skateboard Bagi Pemula

Sesuai dengan postingan tentang skateboard ini, berikut akan dibahas tentang cara bermain skateboard untuk pemula. Bagi yang sudah mahir dapat mengulang kajiannya tentang bermain skateboard. Berikut beberapa cara bermain skateboard dan pola latihan untuk pemula.

1. Aksesoris Skateboard

Anda harus mengetahui aksesoris apa saja yang dibutuhkan untuk bermain skateboard. Aksesoris yang bisa memberikan kenyamanan sekaligus keamanan bagi Anda.

Anda harus menggunakan helm, sepatu, pelindung siku tangan dan kaki sebagai pengaman anda saat bermain skateboard. Untuk sepatu, anda harus memilih sepatu yang memiliki bagian bawah yang rata, agar sepatu tidak licin dan bisa lekat ke papan.Pilihlah sepatu yang pas dengan kaki agar nyaman digunakan.

2. Memilih Papan Skateboard

Jangan sampai Anda salah memilih dan membeli skateboard. Ada dua macam skateboard yang harus Anda perhatikan, yaitu untuk transportasi skateboard memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan skateboard untuk bermain trik.

Papan skateboard untuk transportasi bisa saja digunakan untuk trik, tetapi terlalu berat. Pilih papan skateboard yang berkualitas, jangan sampai tiba-tiba patah ketika sedang digunakan.Untuk mempermudah, Anda dapat mengajak teman atau saudara yang paham tentang skateboard, selain itu teman Anda dapat membantu dalam memilih papan skateboard untuk pemula seperti Anda ,dan pililah papan skateboard sesuai yang anda inginkan.

3.Teknik Berdiri di Atas Skateboard

Hal pertama yang dipelajari oleh pemula adalah cara berdiri yang baik di atas papan skateboard. keseimbangkan tubuh Anda sangat dibutuhkan  ketika berdiri di atas papan skate. Ada dua macam cara berdiri di atas papan skate, yaitu dengan cara goofy (kaki kanan di depan) dan regular (kaki kiri di depan).

4.Belajar berjalan atau meluncur dengan papan skateboard

Belajarlah untuk melaju pelan-pelan terlebih dahulu, dengan cara menghentakkan salah satu kaki ke jalanan. Setelah melaju pelan, angkat kaki yang lain untuk dinaikkan ke atas papan skate.

Segera seimbangkan tubuh Anda, salah satunya dengan cara menjatuhkan beban tubuh ke depan. Lakukan berungkali langkah tersebut hingga cukup mahir dan Anda pun dapat meningkatkan kecepatannya.

5.Mendorong, Berbelok dan Mengerem Skateboar

Mendorong papan skateboard mudah mudah sulit, pertama ambil posisi anda pada papan skateboard. Sekarang bayangkan kalau anda sedang berjalan. Letakkan satu kaki anda ke belakang dan mulailah mendorong. Kemudian kembalikan kaki anda ke posisi semula saat anda roll ke depan. Setelah merasa nyaman, mulailah mendorong dengan lebih kuat dan tekuk lutut anda sehingga dapat menyeimbangkan tubuh anda dengan baik. 

Jangan cemas dan takut tetapi anda harus berani dan mempunyai nyali yang tinggi. ketika anda berlatih mendorong skateboard dengan menekuk lutut, cobalah untuk menggeser berat badan anda ke sisi kanan untuk berbelok kekiri. Dan geser berat badan anda ke sisi kiri untuk berbelok kekanan. Ini tidak semudah kedengarannya, tapi jangan khawatir karena pada saat itulah tekad dan keyakinan anda akan membantu. Jika anda tidak mempelajari bagaimana mengerem skateboard, anda akan kebablasan dan menabrakan diri pada sesuatu. 

Setiap kali anda terjebak dalam situasi seperti ini cobalah melepaskan kaki belakang anda dan biarkan menjejak ke tanah. Anda juga dapat menggunakan tungkak anda bila merasa lebih nyaman. Cara menggunakan tungkak adalah dengan menyeret tungkak ketanah, dengan setengah kaki depan masih di papan. Praktekkan hal-hal di atas sampai anda dapat sempurna

Teknik skateboard yang digunakan oleh banyak profesional pemain skateboard antara lain:
  1. Ollie merupakan trik paling sederhana yang wajib dikuasai oleh para skaters. Tanpa menguasai Ollie, jangan harap kamu bisa melakukan trik lain seperti kickflip, heelflip, dan pop-shove. Ollie adalah gerakan mengangkat papan skate dengan menghentakkan salah satu kaki ke ujung papan hingga papan terangkat dan diikuti oleh kaki lain sehingga tercipta suatu lompatan setinggi-tingginya. Rekor Ollie tertinggi hingga saat ini dipegang oleh Jose Marabotto dari Peru dengan tinggi lompatan mencapai 1,27 meter.
  2. Kickflip merupakan trik lanjutan dari Ollie. Trik ini dimulai dengan lompatan skater menggunakan trik Ollie. Lalu dilanjutkan dengan menendang papan skate ketika berada di udara hingga 360 derajat, dan kembali lagi ke daratan dengan posisi awal.
  3. Heelflip Teknik yang satu ini hampir sama dengan teknik kickflip. Bedanya adalah putaran papan skate menggunakan tumit, bukan kaki. Hal tersebut akan berakibat pada putaran papan yang berputar terbalik ke arah skaters.
  4. Indy Grap ini trik dimana skaters memegang papan skate di sisi samping bagian tengah papan, tepat di antara kedua kakinya. Trik ini dilakukan ketika skaters telah melakukan Ollie, sehingga skaters akan tampak melayang dengan papan skate masih menempel di kakinya. Trik ini sendiri mulai populer di kalangan skaters sejak tahun 1970an.
Demikianlah cara bermain skateboard yang dibagikan Seoanthrax. Dengan postingan ini anda juga dapat belajar bagaimana bermain skateboard menggunakan teknik dasarnya. Semoga dapat bermanfaat dan menjadikan anda seoarang skateboard yang lebih baik lagi.
Disqus Comments